Ketentuan Dan Pedoman Lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/MA Dan SMK Se-Eks Karesidenan Pekalongan 2018


1.
           
1.            Ketentuan Umum

a.       Peserta lomba adalah pelajar SMA/MA dan SMK Se-Eks Karesidenan Pekalongan 2018 dan terdaftar sebagai peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/MA dan SMK sederajat Se-Eks Karesidenan Pekalongan  2018 serta dibuktikan dengan scan kartu tanda pelajar.

b.       Setiap peserta yang sudah terdaftar dan mengumpulkan naskah akan mendapatkan sertifikat adapun proses pengiriman sertifikat akan dikirim via online ke alamat email sekolah yang bersangkutan.

c.        10 karya tulis terbaik akan di undang langsung oleh panitia untuk mempresentasikan karyanya dan dipilih 5 juara.

d.       Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.



2.            Pendaftaran

a.       Pendaftaran peserta dibuka pada 13 Februari 2018 Diperpanjang sampai 01 Maret 2018

b.       Setiap tim wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu dan membayar biaya administrasi peserta sebesar Rp80.000

c.        Setiap peserta yang sudah terdaftar dan mengumpulkan naskah akan mendapatkan sertifikat adapun proses pengiriman sertifikat akan dikirim via online ke alamat email sekolah yang bersangkutan.

d.       Sekolah dapat mengikuti/mengirimkan  tim yang satu tim terdiri dari 2 pelajar dan mengirimkan 1 buah karya tulis ilmiah. (catatan : 1 Sekolah boleh mengirimkan lebih dari 1 tim)

e.        Biaya administrasi dapat dilakukan dengan cara, yaitu:

·          Transfer melalui Bank di Panitia LKTI SMA/MA dan SMK Sederajat Se-Eks Karesidenan Pekalongan 2018. Bank BNI (No.Rek : 0505572645) sebelum dan sesudah transfer harap hubungi pada Rosa Iftinan S. (0857-4248-5126)

·          Pembayaran dapat dilakukan secara langsung dengan ketentuan menghubungi contact person yang telah tertera di atas terlebih dahulu.



3.            Syarat Ketentuan LKTI

a.       Karya tulis yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan atau diikutkan dengan lomba-lomba sejenis.

b.       Bagi karya tulis yang terpilih untuk pemaparan, naskah dijilid berwarna putih dan bermika warna kuning, pada sampul depan disertai logo sekolah masing-masing.

c.        Naskah diketik dengan spasi 1,5, ukuran 12, huruf Times New Roman, kertas A4.

d.       Teknik atau format penulisan sesuai dengan ketentuan karya ilmiah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

e.        Penulisan minimal terdiri dari:

                                     I.              Judul

                                  II.              Pendahuluan

                               III.              Kajian Pustaka

                              IV.              Metode Penulisan

                                 V.              Isi

                              VI.              Penutup

                           VII.              Daftar Pustaka

f.       Naskah mulai dari pendahuluan sampai dengan penutup ditulis minimal 12 halaman dan maksimal 15 halaman.



4.            Mekanisme Pelaksanaan LKTI

a.       Pendaftaran dimulai pada tanggal 13 Februari yang diperpanjang sampai 01 Maret 2018 dan naskah dikirimkan pada 26 Februari diperpanjang sampai 05 Maret 2018.

b.       Mengisi formulir pendaftaran melalui http://unikalhimata.blogspot.com

c.        Pedoman LKTI dapat diunduh melalui http://unikalhimata.blogspot.com

d.       Naskah dapat dikirimkan melalui email himatafeunikal@gmail.com

e.        Pada saat pengumpulan naskah harus dilengkapi :

·        Scan kartu tanda pelajar 1 lembar

·        Scan bukti transfer/pembayaran 1 lembar

d.       Babak penyisihan dilaksanakan pada tanggal 06 Maret sampai dengan 15 Maret 2018 dilakukan berdasarkan pada penilaian hasil naskah yang telah masuk ke panitia diambil 5 terbaik. Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 16 Maret 2018 melalui telfon, email maupun di umumkan lewat blog HIMATA FE Universitas Pekalongan.

e.        Peserta yang dinyatakan lolos pada babak penyisihan akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu presentasi 5 besar dan diambil 3 juara. Presentasi dilaksanakan di Ruang B203 Gedung B Lt. 2 Universitas Pekalongan.

f.         Saat presentasi dibabak final, peserta harus mempersiapkan sarana presentasi yang berupa soft copy (file dalam format Microsoft Word / Power Point yang disimpan di CD/Flasdisk) serta hard file berupa naskah karya ilmiah.

g.       Panitia menyediakan media presentasi.

h.       Kriteria penulisan:

Ø Tema LKTI adalah :

“PERAN AKUNTANSI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI”

Peserta dapat memilih salah satu dari Sub Tema sebagai berikut:

v   Implementasi Akuntansi dalam Pengembangan Usaha Mikro

v   Kontribusi Pemuda dalam Mengelola Keuangan Desa Guna Meningkatkan Perekonomian

v   Peran Akuntansi dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Guna Meningkatkan Pendapatan

Ø Judul karya tulis harus sesuai dengan sub tema.



5.            Lain-Lain

Hal-hal yang belum tercantum, akan diatur kemudian hari.



RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN PRESENTASI

Pelaksanaan presentasi mengacu pada ketentuan sebagai berikut :

1.     Peserta yang berhak presentasi adalah peserta yang telah lolos dari tahap I dan terpilih sebagai 5 besar

2.     Presentasi karya tulis disajikan dalam waktu 10 menit.

3.     Tanya jawab dilakukan selama maksimal 20 menit.

4.     Pertanyaan diajukan oleh dewan juri dan audience.

5.     Selama presentasi peserta wajib berada dalam ruangan presentasi.

6.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

7.     Peserta yang diundang kebabak penyisihan diwajibkan menyerahkan sebuah file yang berisi :

·        Soft copy yaitu file dalam format Word dan Power Point

·        Hard copy berupa naskah karya ilmiah.







PEDOMAN PENULISAN

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH 2018

A.     Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:

1.   Bagian awal

a.     Halaman Judul

v Judul  diketik dengan huruf besar, sesuai dan tepat dengan tema yang ditentukan dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.

v Di bawah judul diketik tulisan “ Diajukan kepada Himpunan Mahasiswa Prodi Akuntansi untuk Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah 2018”.

v Nama penulis dan nomor  induk siswa, diketik dengan huruf kecil kecuali huruf-huruf pertama dari nama dan nomor induk siswa.

v Logo sekolah ditempatkan di bawah nama penulis.

v Sekolah asal dan kota/kabupaten asal ditulis dengan huruf kapital dan jelas.

v Bulan ( diketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama) dan tahun penulisan.

b.     Lembar Pengesahan

v Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis (ketua dan  anggota peneliti ) serta nomor induk siswa.

v Dicantumkan tulisan karya “ Karya tulis ini telah disetujui oleh:”

v Lembar pengesahan dicantumkan asal kota dan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

v Lembar pengesahan ditandatangani oleh Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah lengkap dengan stempel sekolah.

c.      Abstrak

v Kata abstrak ditulis di tengah halaman dengan huruf besar, simetris di atas bidang pengetikan.

v Nama peneliti diketik di bawah abstrak , di tepi  kiri, dengan urutan: nama peneliti (nama ketua kelompok). Tahun penelitian. Judul dicetak miring dan diketik dengan  huruf kecil kecuali  huruf-huruf pertama setiap saat kata. Diketik tulisan Karya Tulis Ilmiah. Serta dituliskan juga  nama  pembimbingnya.

v Abstrak berisi intisari laporan penelitian yang mencakup latar belakang, masalah yang diteliti, metode yang digunakan, hasil peneltian yang diperoleh, kesimpulan yang dapat ditarik serta saran yang diajukan.

v Teks abstrak diketik dengan spasi 1 dan panjangnya maksimal satu halaman ukuran A4.

d.     Kata pengantar dari penulis

e.      Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar , daftar tabel dan daftar lampiran.

2.     Bagian Inti

a.        Pendahuluan

v Perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah itu untuk dikaji.

v Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang dan kritis yang ingin disampaikan.

v Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui pembuatankaryatulisilmiah.

b.       Kajian Pustaka

v Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep–konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.

v Gambaran tentang kaitan ide kreatif dengan upaya-upaya orang lain yang mungkin sudah pernah ditempuh oleh penelitian untuk mendekatipermasalahan yang relatif sama.

v Uraian mengenai pemecahan masalahmelalui ide dangagasanpemikiran.

c.        Metode Penulisan

v Menyajikan bagaimana penulisankarya itu dilakukan.

v Materi pokok bagian ini adalah bagaimana data dikumpulkan, siapa sumber data.

d.       Hasil dan Pembahasan

v Bagian ini merupakan bagian terpenting dari keseluruhan karya tulis ilmiah.

v Bagian ini menyajikan hasil-hasil analisis data.

v Hasil analisis boleh diisajikan dengan tabel atau grafikdan diberi keterangan yang bertujuan untuk memperjelas penyajian secara verbal.

v Tujuan pembahasan:

a.     Menjawab masalah sesuaidengan sub temadanjudulkaryatulis atau menunjukkan bagaimana tujuan penulisan ide kreatif yang ingin dicapai.

b.     Menafsirkan temuan-temuan dalam pemikiran.

c.      Mengintergasikan temuan pemikiran ke dalam kumpulan pengetahuan yang sudah ada.

v Penafsiran terhadap temuan dilakukan dengan menggunakan teori –teori yang sesuai.

v Temuan di intregasikan ke dalam kumpulan pengetahuan yang sudah ada dengan jalan membandingkan dengan temuan penelitan sebelumnya.

e.        Simpulan dan Saran

v Menyajikan ringkasan dari uraian yang disajikan pada bagian hasil dan pembahasan.

v Berdasarkan uraian pada bagian hasil dan pembahasan tersebut, dikembangkan pokok-pokok pikiran merupakan esensi dari uraian tersebut.

v Saran disusun berdasarkan kesimpulan yang telah ditarik.

f.         Lampiran-lampiran

v Lampiran-lampiran hendaknya berisi keterangan –keterangan yang dipandang penting untuk karya tulis ilmiah, sepertigambar, foto dan lampiran lain yang dianggap perlu (jikaada).

3.     Bagian akhir

a.     Daftar Rujukan/Daftar Pustaka

         Daftar rujukan adalah daftar yang berisi bahan-bahan pustaka yang digunakan oleh penulis dan dirujuk dalam teks karya tulis. Pada dasarnya, unsur yang ditulis dalam Daftar Rujukan secara berturut – turut meliputi (1) nama penulis ditulis dengan urutan: nama akhir, nama awal dan nama tengah , tanpa gelar akademik, (2) tahun penerbitan, (3) judul, termasuk sub judul (jika ada), (4) kota tempat penerbitan dan, (5) nama penerbit.



Cara menulis daftar rujukan dari berbagai sumber pustaka:

-          Rujukan dari buku

Tahun penerbitan ditulis setelah nama penulis, diakhiri dengan titik. Judul buku ditulis dengan huruf miring, dengan huruf besar pada awal setiap kata, kecuali kata hubung. Tempat penerbitan dan nama nama penerbit dipisahkan dengan titik dua (:).

Contoh:

Gottschalk, Louis.2006.Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press

Kuntowijoyo.2005.Pengantar Ilmu Sejarah.Yogyakarta:Bandung Budaya

-          Rujukan dari artikel dalam jurnal

Nama penulis ditulis paling depan diikuti dengan tahun dan judul artikel yang ditulis dengan cetak biasa, dan huruf besar pada setiap awal kata, kecuali kata hubung. Bagian akhir berturut-turut ditulis jurnal tahin ke berapa, nomor ke berapa (dalam kurung) dan nomor dari halaman dari artikel tersebut.

Contoh:

Irhamsyah, Fahmi.2008.Mendalami Sejarah Maritim Nusantara, Meningkatkan Martabat Bangsa.Suara Sejarah,1(1):1-9

-          Rujukan dari artikel majalah atau Koran

Nama penulis ditulis paling depan, diikuti oleh tanggal, bulan dan tahun (jika ada). Judul artikel ditulis dengan cetak biasa, dan huruf besar pada setiap awal kata, kecuali kata hubung . Nama majalah atau Koran ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama setiap kata, dan dicetak miring. Nomor halaman disebut pada bagian akhir.

Contoh:

Huda, M. 13 november, 1991. Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering. Jawa pos, hlm.6.

-          Rujukan dari Koran tanpa penulis

Nama Koran ditulis pada bagian awal. Tanggal, bulan dan tahun ditulis setelah nama Koran, kemudian judul dengan huruf besar –kecil dicetak miring dan diikuti dengan nomor  halaman.

Contoh:

Jawa Pos.22 April, 1995. Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, hlm.3.

-          Rujukan  dari dokumen resmi pemerintah yang diterbitkan oleh suatu penerbit tanpa penulis dan tanpa lembaga.

Judul atau nama dokumen ditulis dibagian awal dengan cetak miring, diikuti tahun penerbitan dokumen, kota penerbit dan nama penerbit.

Contoh:

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Se-Jawa Timur.1990.Jakarta: PT.Armas Duta Jaya.

-          Rujukan dari lembaga yang ditulis atas nama lembaga tersebut. Nama lembaga penanggung  jawab langsung ditulis paling depan, diikuti dengan tahun, judul karangan yang dicetak miring, nama tempat penerbitan, dan nama lembaga yang bertanggung jawab atas penerbitan karangan tersebut.

Contoh:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.1978. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian.Jakarta:Departemen Penidikan dan Kebudayaan.

-          Rujukan dari internet berupa karya individual

Nama penulis ditulis seperti rujukan ari bahan cetak, diikuti secara berturut-turut oleh tahun,judul karya tersebut ( dicetak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung  (online), dan diakhiri dengan alamat sumber  rujukan tersebut disertai kapan diakses , di antara tanda kurung.

Contoh:

Hitchcock, S., Carr, L & Hall, W.1996. A Survey of Stn Online Journals, 1990-95: The Calm before the Storm, (online), (http://journal.esc.soton.ac.uk/survey/survey.html,diakses 12 juni 1996)



-          Rujukan dari internet berupa bahan diskusi

Nama penulis ditulis seperti rujukan dari bahan cetak, diikuti secaraberturut-turut oleh tanggal, bulan, tahun, topic bahan diskusi, nama bahan diskusi  (dietak miring) dengan diberi keterangan dalam kurung (online) dan diakhiri dengan alamat e-mail sumber rujukan tersebut ditandai dengan keterangan kapan diakses, diantara tanda kurung.

Contoh:

Wilson, D.20 November  1995. Summary of Citing Internet Sites.NETRAIN Discussion List (online),( NETRAIN@ubvm.cc.bufallo.edu, diakses 22 November 1995)



B.     Substansi Karya Tulis

Sifat dan isi tulsan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

a)     Kreatif dan objektif

·        Tulisan tidak menonjolkan permasalahan yang bersifat subjektif

·        Tulisan didukung oleh data dan informasi yang terpecaya

·        Bersifat asli (bukan, karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi

·        Tulisan  bersifat kritis terhadap fenomena atau keadaan yang berlaku di masyarakat

·        Tulisan memberikan manfaat bagi daerah dan generasi selanjutnya

b)    Logis dan sistematis

·        Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.

·        Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur  identifikasi masalah, analisa,   kesimpulan dan memuat saran-saran untuk pengembangan pariwisata di Se-Jawa Tengah.

c)     Isi tulisan berdasarkan kajian pustaka



C.    Kaidah Teknik Penulisan

a.       Penulisan Huruf dan Ukuran Kertas

·        Naskah diketik dengan menggunakan jenis huruf “ times New Roman”  ukuran 12

·        Kertas menggunakan ukuran A4

b.      Tata letak

·        Batas pengetikan

Samping kiri 4 cm

Samping kanan 3 cm

Batas bawah 3cm

Batas atas 3 cm

·        Penomoran halaman

Bagian awal yang meliputi halaman pengesahan, abstrak, kata pengantar dan daftar isi mamakai angka romawi kecil dan diketik di bagian bawah halaman (I,ii dan seterusnya)

 Bagian inti yang meliputi pendahuluan sampai bagian lampiran memakai angka arab dan diketik di tepi kanan atas (1,2 dan seterusnya)

·        Spasi (jarak pengetikan)

-       Naskah diketik dengan jarak 1,5 spasi, kecuali untuk abstrak yang diketik satu spasi

-       Spasi antara dua kata tidak bolej terlalu renggang , spasi yang dibolehkan maksimal sama dengan ukuran satu huruf

-       Menggunakan rata kiri

-       Jarak antar paragraf sama dengan jarak antar baris yaitu 1,5 spasi

-       Jarak antar satu macam bahan pustaka dengan bahan pustaka lain dalam daftar rujukan menggunakan spasi ganda (2 spasi)

c.       Kebahasaan

a)        Huruf Miring (Italic)

Huruf miring digunanakan untuk menulis beberapa hal sebagai berikut :

-          Kata non Indonesia (Bahasa asing dan daerah)

-          Kata atau istilah yang belum lazim

-          Kata atau frase yang diberi penekanan

-          Judul buku dalam daftar rujukan.

b)        Huruf Kapital

-          Digunakan untuk huruf pertama pada awal kalimat

-          Setiap kata dalam judul utama maupun judul bab

-          Nama bangsa, bahasa, agama, orang, hari, bulan, tarikh, peristiwa sejarah, lembaga, jabatan, gelar, dan pangkat yang diikuti nama orang atau tempat.

c)        Huruf Tebal (Bold)

Digunakan untuk judul utama, judul bab maupun subbab (Heading)

d.      Tata Bahasa

-          Menggunakan bahasa yang jelas, tepat, formal dan lugas.

-          Ketepatan dalam menggunakan kata istilah.

-          Kalimat yang tidak berbelit-belit.

-          Struktur paragraf yang runtut.

-          Fungsi tata bahasa digunakan dengan taat asas dan tegas, sehingga subyek dan predikat selalu ada.

e.       Tanda Baca

a)      Tanda titik ( . )

                                      Digunakan pada akhir kalimat, pada singkatan tertentu, sebagai pemisah bilangan ribuan atau kelipatanya yang menunjukan jumlah.

b)      Tanda koma ( , )

Digunakan untuk memisah angka desimal, memisahkan unsur-unsur sintaktis dalam kalimat.

c)      Tanda titik koma ( ; )

          Digunakan untuk memisahkan unsur-unsur sintagtis yang setara, atau deret yang sudah mengandung tanda baca lain.

d)     Tanda titik dua ( : )

          Digunkan untuk menandakan pengutipan yang panjang, angka   perbandingan memisahkan nomor jilid dan halaman daftar pustaka.

e)      Tanda tanya ( ? )

                              Digunakan pada akhir pernyataan langsung, dalam menuliskan rumusan masalah.

f)       Tanda hubung ( - )

Digunakan untuk menyambung bagian-bagian taggal dan menhubungkan dua kata yang sama.

g)      Tanda kurung (  (......)   )

                            Digunakan untuk mengapit tambahan keterangan atau penjelasan yang bukan bagian integral pokok pembicaraan.

h)      Tanda petik (  “.....”  )

          Digunakan untuk petikan atau kutipan langsung, istilah yang kurang dikenal atau mempunyai arti khusus.

i)        Tanda garis miring ( / )

Digunakan untuk mengantikan tanda bagian atau menunjukan bilangan pecahan.

f.       Penulisan Tabel dan Gambar

a)      Tabel

-          Judul tabel merupakan kalimat pernyataan secara ringkas yang berdiri sendiri dan dapat menerangkan isi tabel.

-          Judul tabel diletakkan diatas tabel dengan diawali huruf kapital kecuali kata hubung dan tanpa diakhiridengan tanda titik.

-          Tabel harus diberi identitas (berupa nomor dan nama tabel) serta ditempatkan diatas dengan tujuan memedahkan penunjukan.

-          Jika tabel lebih dari satu halaman, maka bagian kepala tabel (termasuk teksnya) harus diulang pada halaman selanjutnya.

-          Setiap tabel harus dirujuk atau dibahas dalam kalimat.

b)       Gambar

    Beberapa pedoman penggunaan gambar dapat dikemukakan sebagai berikut :

-          Judul gambar ditempatkan dibawah gambar. Cara penulisan judul gambar sama dengan judul tabel.

-          Gambar harus sederhana untuk dapat menyampaikan ide dengan jelas dan dapat dipahami tanpa harus disertai dengan penjelasan tekstual.

-          Gambar harus digunkan dengan hemat, terlalu banyak gambar dapat mengurangi nilai penyajian data.

-          Gambar yang memakan tempat lebih dari setengah halaman harus ditempatkan pada halaman tersendiri.

-          Gambar dinomori dengan menggunakan angka arab.

-          Setiap gambar biasanya mempunyai simbol. Oleh kaera itu simbol harus diberiketerangan.

-          Setiap gambar yang terdapat tulisan harus dirujuk dalam teks.




Formulir Pendaftaran Dapat Diunduh Disini



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Kerja Divisi Informasi dan Komunikasi 2015/2016

Program Kerja Divisi SDM 2015/2016

Program Kerja Divisi Akademik 2015/2016