PETUNJUK PELAKSANAAN DAN KENTENTUAN ACCOUNTING LEAGUE 2018 SE - EKS KARESIDENAN PEKALONGAN




PETUNJUK PELAKSANAAN ACCOUNTING LEAGUE 2018

SE - EKS KARESIDENAN

PEKALONGAN



I.       TEMA KEGIATAN

Tema kegiatan ini adalah :

“Show Your Teamwork and Accounting Skills as Young Accountant in Globalization Era”



II.    SASARAN KEGIATAN

Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa-siswi Kategori SMA/MA dan Kategori SMK Se - Eks Karesidenan Kota Pekalongan, baik kelas  XI, dan XII.



III.  NAMA DAN WAKTU KEGIATAN

Kegiatan ini bernama :

ACCOUNTING LEAGUE 2018 SE- EKS KARESIDENAN PEKALONGAN



Kegiatan ini akan diselenggarakan pada :

Hari                      : Senin

Tanggal                : 27 Agustus 2018

Pukul                    : 07.30 WIB s.d selesai

Tempat                 : Auditorium Gedung C Lantai 3 Universitas Pekalongan



IV.  PENDAFTARAN DAN REGISTRASI PESERTA

A.    Pendaftaran

1.      Waktu pendaftaran 1 Juli 2018 s/d 15 Agustus 2018

Tempat   : Gedung B lantai I Universitas Pakalongan

Pukul      : (08.00 – 14.30)                                                                          

( NB. Menghubungi CP terlebih dahulu )





2.      Technical meeting 23 Agustus 2018

Tempat   : di Gedung B Lt.1  Universitas Pekalongan

Pukul      : (08.00 – selesai)

3.      Syarat peserta :

a.       Peserta adalah siswa/i SMA dan SMK kelas  XI / XII Program Keahlian Akuntansi se- Eks Karesidenan Pekalongan.

b.      Peserta masih tercatat sebagai siswa aktif di sekolah yang bersangkutan dengan menunjukkan kartu pelajar ( OSIS ) ketika mendaftar.

c.       Peserta terdiri dari 2 (dua) orang/ 1 ( satu ) tim dan dapat didampingi oleh 1 (  satu ) orang guru pendamping untuk setiap sekolah.

d.      Setiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 2 tim, dengan catatan kuota masih tersedia.

4.      Syarat pendaftaran :

a.       Menyetorkan uang kontribusi sebesar Rp 100.000 (Seratus ribu rupiah) per tim secara tunai ataupun melalui transfer Bank BNI (No.Rek : 0505572645 atas nama Rosa Iftinan S.)

b.      Mengisi formulir pendaftaran  dengan cara :

1)      Langsung, ke Gedung B Lt.1 Universitas Pekalongan Jl. Sriwijaya No.3 Pekalongan.

2)      Atau melalui e mail : himata.feunikal@gmail.com disertai keterangan SMA atau SMK terkait beserta tim yang hendak dikirim beserta foto.

5.      Melakukan konfirmasi telah membayar uang kontribusi ke  :

Rosa (0857-4248-5126) (SMA
Yoli  (0812-6639-3508) (SMK)

B.     Registrasi

Berkas registrasi terdiri dari:

a.    Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.

b.    Fotokopi Kartu Pelajar Siswa/i.

c.    Surat Rekomendasi dari sekolah masing-masing.

d.   Foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 ( tiga ) lembar.

e.    Registrasi ulang dilaksanakan sebelum babak pendahuluan dan seluruh berkas pendaftaran yang asli diserahkan kepada panitia.



V.    TEKNIS LOMBA

A BABAK PENYISIHAN

v BABAK 1

1.    Soal multiple choice (Pilihan Ganda).

2.    Jumlah soal 60 butir dengan total waktu pengerjaan 60 menit.

3.    Sistem penilaian:

Ø Benar                                    : Poin 3

Ø Salah                         : Poin -1

Ø Tidak menjawab       : Poin 0

4.    Pada babak ini akan dipilih 60%  dari keseluruhan jumlah peserta setiap kategori SMA / MA dan SMK untuk menuju babak selanjutnya.

v   BABAK II

1.    Soal Essay

2.    Jumlah soal 20 butir dengan total waktu pengerjaan 30 menit.

3.    Dengan rincian :

Ø 10 soal = Poin 10 per soal (Teori Akuntansi)

Ø 10 soal = Poin 20 per soal (Aplikasi Akuntansi)

4.    Pada babak ini akan dipilih 5 tim dari SMA/MA dan 5 tim dari SMK untuk menuju babak  selanjutnya.

        BABAK SEMI FINAL

Babak ini adalah babak rebutan yang menguji kemampuan individual dan tim secara bergilir guna meraih posisi tertinggi.

Ø Benar = Poin bertingkat 10, 20, 30, 40...dst.

Ø Salah  = Poin -10 per soal

Setelah nilai ditentukan, diambil tiga tim terbaik dari kategori SMA / MA dan SMK untuk maju ke Babak Final.

BABAK FINAL

Pada Babak Final, akan ada “MISTERY BOX” dimana ketiga tim finalis masing-masing akan mengambil salah satu kertas yang di dalamnya terdapat materi yang akan dipresentasikan. Setiap tim akan diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempresentasikan materi. Setelah  finalis selesai presentasi, maka dewan juri akan memberikan pertanyaan kepada finalis sekaligus memberikan penilaian secara langsung di papan yang sudah disediakan. Penentuan Juara 1, 2 & 3 Tingkat SMA/MA Dan SMK berdasarkan nilai tertinggi yang diberikan juri dan akan diumumkan pada akhir acara ini.

VI.             MATERI LOMBA

Materi untuk SMA :

a)              Persamaan Dasar Akuntansi

b)             Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

c)              Jurnal Umum

d)             Akuntansi Perusahaan Dagang

e)              Perhitungan Harga Pokok Penjualan

f)              Jurnal Penutup

g)             Jurnal Pembalik

Materi untuk SMK :

a)             Persamaan Dasar Akuntansi

b)             Jurnal Umum

c)             Jurnal Khusus

d)            Laporan Keuangan Sederhana

e)             Piutang

f)              Utang

g)             Aset Tetap

h)             Kas

i)               Surat Berharga

j)               Pajak

k)             Akuntansi Biaya

l)               Akuntansi Perusahaan Manufaktur

m)           Jurnal Penyesuaian

n)             Jurnal Penutup

o)             Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

p)             Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang



VII.          PERATURAN UMUM PESERTA

A.    Setiap tim terdiri dari 2 (dua) orang peserta lomba yang telah didaftarkan pada panitia. Penggantian peserta pada setiap tim hanya boleh dilakukan sekali saja yaitu pada saat Technical Meeting sebelum “Accounting League” dimulai.

B.     Peserta diwajibkan membawa KARTU PELAJAR dan hadir 30 menit sebelum acara pembukaan dimulai untuk registrasi dan mengurus hal-hal sebelum pertandingan dimulai.

C.     Jika ada salah satu tim atau anggota tim yang terlambat (hadir setelah pertandingan dimulai) Pada :

1.      Babak Penyisihan

Maka kepada tim tersebut diberikan pilihan :

a.              Menunggu sampai anggota timnya yang terlambat tersebut hadir, untuk kemudian mengikuti pertandingan dan pada tim tersebut tidak diberikan perpanjangan waktu.

b.             Melakukan penggantian peserta dengan pemberitahuan terlebih dahulu kepada panitia pada saat Technical Meeting. Apabila tim tersebut maju ke babak selanjutnya, maka anggota tim yang mengikuti babak penyisihanlah yang berhak mengikuti babak selanjutnya.

Maka kepada tim tersebut diberikan pilihan selanjutnya:

Menunggu anggota timnya yang terlambat dengan toleransi waktu maksimal 10 menit. Jika dalam waktu 10 menit ada anggota timnya belum hadir, maka tim tersebut tetap diizinkan mengikuti pertandingan dengan jumlah peserta yang hadir pada saat itu.

D.    Peseta diwajibkan membawa alat tulis dan alas tulis (papan ujian) atau keperluan lainnya sendiri.

E.     Peserta diwajibkan memakai seragam identitas Sekolah.

F.      Peserta tidak diperkenankan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun pada saat pertandingan.

G.    Peserta yang sedang bertanding tidak diperkenankan untuk meninggalkan area pertandingan.

H.    Peserta tidak diperkenankan melakukan segala tindakan yang bersifat mengganggu jalannya pertandingan.

I.        Apabila peserta melanggar segala ketentuan di atas, maka panitia berhak untuk mendiskualifikasikan tim peserta yang bersangkutan baik sebelum, selama, dan diakhir pertandingan sebelum pemenang diumumkan.

J.       Selama pertandingan berlangsung, peserta dilarang membawa alat komunikasi seperti ponsel dan sejenisnya.

K.    Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.



VIII.       PENUTUP

Demikian teknis kegiatan ini diperbuat untuk menjadi acuan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan Accounting Legue Tingkat Se – Eks. karesidenan Pekalongan 2018 dengan  harapan  dapat  berjalan  lancar  dan  sukses  dengan dukungan dari berbagai pihak.




KETENTUAN ACCOUNTING LEAGUE

TINGKAT SE – Eks. KARESIDENAN PEKALONGAN TAHUN 2018



TATA TERTIB BABAK PENYISIHAN

1.             Peserta tidak diperkenankan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun.

2.             Peserta yang sedang bertanding tidak diperkenankan untuk meninggalkan area pertandingan.

3.             Peserta wajib mengenakan kartu tanda pengenal yang diberikan panitia.

4.             Peserta diperbolehkan membaca serta menjawab soal pada waktu babak penyisihan dimulai yang akan diberi tanda oleh panitia yang bertugas.

5.             Peserta menyilang satu jawaban yang dianggap benar dari empat pilihan yang ada untuk Tahap 1 yaitu tes Multiple Choice. Untuk Tahap 2 yaitu menjawab soal essay.

6.             Untuk tes Multiple Choice, jawaban yang dipilih tidak boleh lebih dari satu jawaban, dan jawaban yang lebih dari satu dianggap salah.

7.             Jawaban ditulis dengan tinta hitam.

8.             Selama pertandingan berlangsung, peserta dilarang membawa alat komunikasi seperti ponsel dan sejenisnya.

9.             Apabila peserta melanggar segala ketentuan di atas, maka panitia berhak untuk mendiskualifikasikan tim peserta yang bersangkutan baik sebelum, selama dan di akhir babak sebelum pemenang diumumkan.



PENJELASAN PERTANDINGAN DAN PERATURAN KHUSUS

A.           BABAK PENYISIHAN


·                Sistem Pertandingan

1.             Merupakan tes tulis yang berbentuk pilihan ganda dan mengisi jawaban yang terbagi menjadi 2 tahap yaitu :

v  Tahap I : soal Multiple Choice sebanyak 60 soal dengan alokasi waktu 60 menit.

Kriteria penilaian Babak Penyisihan I adalah Benar +3; Salah -1; Tidak Menjawab 0.

Peserta yang akan masuk ke Babak Penyisihan II sebanyak 60%  dari keseluruhan jumlah peserta setiap kategori SMA / MA dan SMK.



v  Tahap II : soal Essay sebanyak 20 soal dengan alokasi waktu 30 menit.

Kriteria penilain Babak Penyisihan II adalah

Ø  10 soal = Poin 10 per soal (Teori Akuntansi)

Ø  10 soal = Poin 20 per soal (Aplikasi Akuntansi)

2.             Peserta yang akan masuk ke babak semi final 10 tim 5 dari tim SMA/MA dan 5 dari tim SMK dengan nilai tertinggi dari babak penyisihan.

3.             Apabila terdapat tim dengan nilai yang sama, maka tim yang berhak maju ke babak Semi Final adalah :

a.              Tim dengan jumlah jawaban benar terbanyak.

b.             Apabila dengan point (a) di atas, masih terdapat kesamaan nilai maka digunakan presentase penilaian. Dimana penilaian penyisihan tahap I = 60% dan penyisihan tahap II = 40%.

c.              Apabila kedua point di atas belum dapat menentukan tim yang akan masuk ke babak Semi Final, akan diadakan tahap tambahan berupa tes tulis sebanyak 10 soal pilihan ganda dengan alokasi waktu selama 10 menit.



·                Tata Cara dan Peraturan untuk Multiple Choice

1.              Peserta menyilang satu jawaban yang dianggap benar untuk tes Multiple Choice.

2.             Jawaban yang dipilih tidak boleh lebih dari satu, jawaban yang lebih dari satu dianggap salah.

3.             Peserta diperkenankan untuk melakukan perbaikan jawaban selama waktu yang tersedia masih tersisa.

4.             Jawaban ditulis dengan tinta hitam.

Contoh : cara memilih jawaban yang benar

No
A
B
C
D
1.
A
B
C
D



Contoh : cara mengganti jawaban

No.
A
B
C
D
1.
A
B
C
D



B.     BABAK SEMI FINAL


a.       Setiap tim  peserta berada di belakang meja tombol.

b.      Peserta boleh menjawab setelah panitia selesai membacakan soal.

c.       Panitia akan memilih tim mana yang berhak menjawab soal berdasarkan suara tombol yang terlebih dahulu ditekan

d.      Apabila peserta menekan tombol sebelum panitia selesai membacakan soal, maka peserta tidak diperkenankan menjawab soal tersebut.

e.       Bagi tim lawan memiliki hak untuk tetap menjawab soal apa adanya atau melanjutkan pertanyaan tersebut.

f.       Yang menekan tombol terlebih dahulu mempunyai hak untuk menjawab, jika jawaban benar maka poin untuk tim dan jika salah soal diperebutkan kembali tanpa pengulangan soal.

g.      Jika terdapat nilai tertinggi yang sama antar tim, maka akan diadakan babak tambahan.

h.      3 tim dengan nilai tertinggi di Babak Semi Final akan melanjutkan ke babak selanjutnya yaitu Babak Final



C.    BABAK FINAL


·     Sistem Pertandingan

                        Ketiga tim finalis masing-masing akan mengambil salah satu kertas yang di dalamnya terdapat materi yang akan dipresentasikan. Setiap tim akan diberi waktu maksimal 5 menit untuk mempresentasikan materi. Setelah  finalis selesai presentasi, maka dewan juri akan memberikan pertanyaan kepada finalis. 



KETENTUAN PEMENANG

Pemenang adalah tim yang mengumpulkan nilai tertinggi dari hasil penilaian Dewan Juri. Keputusan Dewan Juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Kerja Divisi Informasi dan Komunikasi 2015/2016

Program Kerja Divisi SDM 2015/2016

Program Kerja Divisi Akademik 2015/2016